28 Okt 2010

SiLeNt,,,

Kurangkai angan dlm sepi mimpi
Berselimut senyap dalam peraduan hampa
Diantara kesunyian malam lengang
Bercengkrama dlm diam,,, kerinduan…
Kucoba tuk pahami
Dibalik gulita malam
Misteri yg tersimpan ,,, dalam…
Terlunta lunta seolah riak
Terombang ambing bagai ombak
Bisik q pada malam,,, jgn buat hatiku kelam,,
Pinta q pada bintang,,, sinarmu jgn pernah padam,,,
Rayu q pada bulan,,, engkaulah harapan,,, kebahagiaan,,,
Namun…
Belum juga kutemukan
Arti bayang2 kegelapan,,,
Arti mimpi2 redam,,,
Arti dirimu kawan,,,

Silent…
Kuberharap sepimu jadi jawaban,,,
Diammu sebagai lambang,,, Harapan…
Untukku,,, untuknya,,,
Karena kaulah teman sejati,,,
Yang tak pernah pergi,,,
Slalu disisi,,, menemani,,, hari2 sepi,,, silent,, silent,,,

27 Okt 2010

Hidup itu pilihan "Terbaik"

"Hidup itu pilihan untuk melakukan sesuatu yg terbaik dalam hidup"
Biasakanlah dirimu untuk selalu melakukan hal2 yg terbaik dalam keseharianmu,,,
Agar dirimu mendapat sesuatu yg terbaik dari setiap usahamu,,,

Terbaik pada saat kamu memulainya,,,
Terbaik pada waktu melakukanya,,,
Terbaik setelah selesai mengakhirkanya,,,
Terbaik untukNya,,,

Demikian juga dg orang2 disekitarmu lakukanlah :

Terbaik untuk keluargamu,,,
Terbaik untuk sahabatmu,,,
Terbaik untuk musuhmu,,,
Terbaik untukNya,,,

Sehingga kamu pun dapat merasakan hasilnya,,,

Terbaik untuk hidupmu,,
Terbaik untuk matimu,,,
Terbaik untukNya,,,


Amin,,,

26 Okt 2010

Untitled

Alhamdulillah…
Hmm… enak bgt rasanya,, bangun pagi dg hembusan nafas masih bersemayam dlm da2 nie. Jika kau nikmati tiap jengkalnya,,,, Hmm,,,,, Bnr2 anugerah tak terkira. Tak bisa terganti dg apapun juga... Tersenyum karena melihat wajahku yg nampak kucel.. kusam.. jeleekk… Alhamdullilah…sekeli2ng q begitu sejuk kurasakan dg hangat pancaran sinar mentari yg mengintip lewat celah2 jendela. Dedaunan kulihat menghijau menyambut pagi ini. Angin yg lembut berhembus, seolah2 tak mau kalah dg embun2 pagi yg sedang menari2 di dedaunan. Tanah2 yg suburpun terhampar luas menanti petani2 tuk berkarya dg keju2ran. Hamparan rerumputan yg menghampar… permadani kehidupan…Gemericik air bening… mata air pegunungan datang untuk menghilangkan dahaga… dialah pelayan yg setia.. Celoteh burung2 menambah semarak pagi ini. Mereka nampak begitu ceria. Bagai nuansa paduan suara. Merdu…
Langit putih kebiruan yg terbentang…Di hiasi dg warna pelangi yg muncul di balik cakrawala dan awan putih biru..melukis langit2. menyambut mentari,,,
Senyum kehangatan yg slalu terpancar.. ke tiap2 penjuru alam,, mengikis kepingan2 masalalu yg tertinggal.. menjejakan kaki hari ini,,, bersiap untuk menyongsong masa depan,,, dg semangat yg berkobar,, berharap penuh kemanfaatan.. untuk bekal,,,
Subhanallah…
Alhamdullilah,,,
Allahu akbar,,,
Sungguh mengagumkan...
Skenario Tuhan…

23 Okt 2010

Hanya renungan,,,

“Kawan jika kau terluka karena cinta,, balutlah dg keihklasan untuk merelakannya,, jika itu memang lebih baek,,,
Tapi jika yg terbaik kau harus memperjuangkannya karena kaulah yg mencintainya dg ketulusan,,, maka bersabarlah untuk menjelaskan padanya,,, dan tunggulah waktu yg tepat untuk memulainya,,,”
“Karena kadang kesalahan2 besar yg qt lakukan adalah bersumber dari kesalahan2 kecil yg tidak tepat, pada waktu yg tepat dan untuk hal yg tepat, dan itulah hukum alam,, sesuatu yg besar pasti berawal dari yg kecil…serta qt harus merawat dg penuh kasih sayang untuk membesarkannya”

22 Okt 2010

Sajak Pepohonan…



Dalam rimbun dedaunan kusematkan senyum persahabatan :)
Yang mungkin bisa kau rasakan hangatnya tatkala pagi bersinar
Batangnya yg kokoh tergambar penuh kekuatan... tak terkalahkan
Dahannya nan rindang laksana tautan persahabatan yg menyebar
Akarnya yg kuat adalah layaknya prinsip... tak tergoyahkan
Rantingmu yg kering adalah simbol harapan...
Buah yang lezat adalah hidangan dari jerih payah yg pernah qt tanam
Gegap gempita itu ekspresi kebahagiaan menikmati buah persahabatan
Semoga pohon yg kutanam hari ini akan tumbuh bersemi...
Kemudian berbuah kedamaian...
Seperti senyuman yg kau tebar pasti akan berbalas jutaan kasih sayang...

20 Okt 2010

Acara TV must di “banting”

Pyaaangggggg,,,, (suara benda terbanting hancur di lantai).
Huuuuffhhhhh,, senang rasanya hati ini. Andai ku bisa banting TV ini walaupun dlm imaji, q sangat berharap bisa terjadi. Sweeeebeeellll,,, "heran acara TV nie ya, ga ada yg bagus". Mencaci dlm hatiq. But msh ada sie acara2 bagus yg membuat inspiratif,, tapi cm dikit. :-(  "Kenapa ya ? klo acara TV qt tu jelek2 banget n’ ga mutu banget gtu". sambil mencibir, kemudian menggerutu. Pussiiinngggg,,, apa karena dah “mentok kreativitasnya” or malah ada unsur sengaja ya ? Bingung q,,, (dg nada kesel) “ dasar,, !!! komersillll. Klo untuk sebuah “Profit” apa aja disiarin kayaknya y ?


Mari qt buka ingatan2 qt tentang acara TV di Negara qt. memprihatinkan bukan ? syarat dq materi2 siaran yg hanya mengedepankan “keuntungan semata tanpa ada sedikit makna” Bukankah TV adalah salah satu media yg berperan aktif untuk memberikan informasi yg positif bagi semua pemirsanya ?” Tapi apa ? coba qt lihat stasiun TV yg sarat akan materi2 yg justru menimbulkan dampak negative buat pemirsanya. Sebagai contoh : Sinetron (sinema elektronik) misalnya. Huuuh q paling sebel ma acara TV ini selain gossip. Payaah. Gak mutuuu bangeett,,, Apalagi yg buat pasti “komersil” mulu2 tuuhh,,, yakin dahh,,, hahahaha :-D bukan ngejek tapi “real” wakakakaka :-)) .


Klo ga percaya coba kamu lihat acara TV yg namanya sinetron. Trus km buat tuh sinopsisnya. Pasti hampir semua rata2 memuat materi2 konflik dlm sebuah rumah tangga yg dihiasi dg perilaku2 yg sangat tidak mendidik, kekerasan dan tidak bermoral. Q sampai ga habis pikir kenapa ya? acara2 seperti itu lulus sensor,, dan layak untuk dipertontonkan untuk anak2 qt. Apa coba pesan2 moral yg mendidik. Gak ada tauukk. !!! Q jg masih inget banget ketika tiba2 adik q bilang “Jahaattt!! “ trus kemudian dya juga bilang “Bunuh” kepada K2nya. Yang sebenarnya mungkin hanya sebuah gurauan kepada K2 nya karena dia lg kesel. Bukankah itu akibat dari yg namanya “Sinetron”. Akibat dari adegan2 dlm sebuah “sinetron” yang sangat tidak mendidik dan tidak layak untuk di tonton anak2 qt. Padahal sinetron2 tsb ditayangkan pada jam2 anak2 lom pada tidur. Dan pastinya hampir semua anak atau remaja bahkan ibu2,, or bapak2 banyak yg suka nonton yg namaya “Sinetron” entah apa yg menarik. Dan pesan2 apa yg mereka dapat dari menonton sinetron tersebut. Bingung q,,, ???? Anda juga pasti bingung kan ??!! dan Pastinya “produser Sinetronnya jg pada bingung “ makanya dilihat dari judul sinetronnya z dah asal2 dan bikin bingung ???,,, sampai “Tersanjung dan Cinta ama Fitri akhirnya,, Hahahahaha…. :-D


Dan satu lagi acara TV yg paling q benci,,, Gosip,, selebriti,,, yang identik dg kawin & cerai,, dan anehnya mereka kyknya bangga tuuhh,, dg PIL atau WIL nya,,, (pastinya,,, ) gmn coba ? klo figure masyarakatnya z dah kyk gitu,, bukankah seharusnya mereka tuh memberi contoh2 yang baek karena status mereka yg katanya “Public Figure” bukan malah sebaliknya “contoh jelek mulu2” pake bangga lagi,,, hhuuufffhhhh,,, capeee deeehh,,, Dan bukankah mereka terkenal jg karena masyarakat ,, tapi kenapa mereka meracuni masyarakat jg ya ?,,,, dg tingkah laku mereka yg kadang kurang amoral...


Udah tau Negara qt nie masih krisis,, Multidimensi lagi,,, (gawaaaatttt…. ),,, Ee malah peran TV yg seharusnya sebagai penyemangat dg informasi2 yg baek dan mendidik,, malah banyak di sabotase oleh acara2 TV yang sangat tidak bermutu,,, Welehhh22,,, (gimana mau bangkit coba generasi kita klo tiap hari dicekokin ma tayangan2 TV yg notabene paling buanyak tapi ga ada manfaatnya). Klo anda ga percaya coba dah bandingin dengan acara2 yg bersifat dg Keagamaan Or acara yg bersifat social kemasyarakatan. Sangat sedikit bukan?!. Padahal Agama adalah pembentuk “Ahlak manusia”. Dan merupakan pondasi alias hal yg paling penting dalam membentuk kepribadian qt. Sebagai bekal untuk kehidupan qt. jiwa social yang harus qt pupuk agar senatiasa peka terhadap lingkungan2 di sekitar qt yg sangat mebutuhkan pertolongan. Ya gmn pejabatnya ga “korup” klo agamanya cma di KTP Z (m’v bkn nyindir,,,, ) Ssst,,, jgn keras2,, takut kedengeran,, hehehehe.,,,, (Vissss,,,,, ).


Tapi q masih berharap dg acara2 TV yg masih peduli dg nilai2 positif yang mereka siarkan ke seluruh pelosok2 negeri ini. Semoga jadi insiprasi buat qt semua selaku pemirsa dan generasi penerus bangsa. Dan membawa Negara qt untuk lebih maju, berdaulat adil dan makmur bagi seluruh rakyatnya bukan hanya pejabatnya,, or konglomeratnya,,, Ingat2,,, Ingat,,,, !!!! itu “Remember”,,,,,


The End,,, may be ,,,

17 Okt 2010

Cinta Sejati adalah “Keabadian”

Keabadian,,
Cinta sejati adalah cinta itu sendiri,,,
Kekuatan yg paling perkasa di dunia ini,,,
Karena ga ada satu mahluk pun yg sanggup mengalahkannya,,,
Hanya Engkau yg Maha Kuasa,,,
Dengan segala kehendakNya,,

Cinta sejati,,
Tak pernah membedakan satu dg yg lainnya,,,
Menyatukan segala perbedaan yg ada,,
Tak akan pernah hilang,, walau dunia ini berakhir,,,
Yang hidup,, lagi kekal,,
Kemanapun kau pergi pasti akan menemukannya,,,
Dimanapun,, kapanpun,,
Setiap detik,, menit,, jam,, tak terbatas waktu,,,
Tak terpisah jarak,,, bahkan semesta,,
Apalagi harta,,, nyawapun rela taruhannya,,
Itulah keabadian cinta,,,
CahayaNya tak pernah padam,, walau matahari tak lagi bersinar,,
Cinta sejati akan slalu hidup,, meskipun dia telah mati,,
Yang slalu ada,,, meskipun dia tiada,,,

Percayakah engkau ?
Cinta sejati itu ada,,,
Menyebar ke penjuru dunia,, Jagat raya,,
Pd tiap2 mahluk ciptaanNya,,


13 Okt 2010

Difabel,,, Nothing impossible,, (Spirit never die)



Kucoba menguraikan makna ini,,
Makna yg terlalu sulit tuk di mengerti,,,
Hanya kau lah para penyemangat2 jiwa,,,
Yang mampu memahaminya,,
Kaulah teladan2 yg tak pernah hilang,,
Dalam setiap harapan,,,
Yang menjadi keniscayaan,,


Ku akui,, kau sangat kuat,,
Ku akui,, kau penuh tekad,,
Ku akui kau pantang menyerah,,
Ku akui kau tak pernah kalah,,
Ku akui kau penuh ihktiyar,,,
Ku akui kau sangat sabar,,,

Kaulah,,, pembuka mata hati yg buta,,,
Buta karna hanya menurutkan keinginannya,,
Kaulah,,, suara2 bagi orang yg tuli,,,
Tuli karena tak mau mendengarkan caci maki,,
Kaulah,, semangat dalam keterbatasan,,,
Kualah,,, pembeda kemauan,,
Kemauan untuk belajar dari kekalahan,,,
Kaulah,,, pejuang yg tak kenal putus asa,,,
Kaulah,,, pahlawan2 jiwa sesungguhnya,,
Yang mampu mengajarkan berjuta makna,,

Tanpamu,,
Dunia terasa hampa,,
Hampa karena kaulah nafas2 kehidupan,,
Denganmu,,
Dunia begitu indah,,,
Dihiasi karya2mu yg megah,,
Denganmu,,,
Dunia begitu damai,,,
Laksana kerinduan akan nikmat yg telah Engkau anugerahkan,,,
Pada tiap2 insan,, dg penuh kasih sayang,,,

Nb : Terima kasih ku ucapkan pd kaum Difabel,,
         yg telah mengajarkan harapan dalam keputusasaan,,,

TeRimA kAsiHku,,, PaDamU,,

Bunda,,
Kasih sayangmu,,, lautan tak bertepi,,,
Kelembutanmu,,, kerinduan tak terganti,,,
Ketulusanmu,,, rasa yg abadi,,,
Pengorbananmu,,, kedamaian hati,,
Harapanmu,,, doa tanpa henti,,,

Bunda,,,
Ingin rasanya,, ku membalas semua itu,,,
Tapi dg apa ??
Air mataku tak sanggup menahan haru ini,,,
Bibir ku terdiam,,,
Hanya rasa cinta yg begitu dlm kusimpan,,,
Padamu,, sosok yg begitu mengagumkan,,,
Sosok yg menjadi Suri teladan,,

Bunda,,,
Letihmu yg tak pernah terbayar,,, engkau tak pernah meminta,,,
Bunda,,,
Perjuanganmu tak pernah berhenti,,, engkau tak pernah sesali,,,
Keikhlasanmu,,,, Abadi,,, mengisi relung2 hati,,

Bunda,,,
Mungkin saat ini hanya sedikit bakti q yg mungkin bisa kau nikmati,,,
Tapi,,,
Ananda janji,,, akan kulakukan yg terbaik untukmu,,,
Karena jasa2mu,,, tak pernah bisa terganti,,,
Sampai akhir hayat ini,,,
Sampai akhir nanti,,,

Nb : Untuk qt semua yg pernah terlahir dari seorang “Bunda” wajib berbakti kepadanya.

11 Okt 2010

Modal Ku “Nekad”

Harii gini modalnya nekad,,, kacau daahhh,,,, Mungkin sedikit judul yg aneh,, buat kita semua,, dan juga q,,
Tapi itu nyata teman karena q sendiri pernah mengalaminya,,
Ya,,, bersama teman sejatiku,,, bernama “Heru”
Pengalaman q bersama Heru waktu pertama kali Ke Jakarta,,, Soalnya kami berdua hanya modal nekad,, gmn ga nekad, kami sebelumnya lom pernah ke Jakarta,, tapi langsung nyari alamat K2 q yg kerja di Jakarta,, Yaitu tepatnya di Pademangan Jakarta Utara,,,

Cerita ini bermula ketika q dah keluar kerja dari tempat kerja q di kampung dulu,, (service komp.),, dan q bersama Heru memutuskan untuk nyari pengalaman di Jakarta,, Kami tergiur dg kesan Jakarta yg penuh dengan harapan & tempat meraih cita2. Karena q kira setiap orang yg pulang dari Jakarta selalu kelihatan lebih sukses. Tanpa pikir panjang kamipun sepakat untuk pergi ke Jakarta,, Padahal kami lom pernah ke sana sebelumnya,, Kami hanya berbekal alamat : Pademangan IV Gg.15. Tanpa no. rumah ataupun nama pemilik rumah. Yang kami tahu K2 q itu ngontrak ma tmnya yg bernama mas “Slamet”. Dan itu alamat yg tertulis di surat pengantar dari kelurahan sebagai bukti kami ke Jakarta. Dan q dpt alamat itu dari tmn K2 q yg dl pernah kerja di Jakarta,, Q inget banget dya cuma bilang “Kamu Naek bus DAMRI sampai terminal kemayoran,, lalu kamu turun trus naek Bajaj, bilang aja Pademangan IV Gg.15” pasti tau smua” cetusnya.

Berbekal Tekad dan niat kamipun memesan tiket bus “DAMRI” dg tujuan Kemayoran,, dan sore harinya tepatnya pkl 17.00 Wib, bus pun berangkat dari terminal Purbalingga, desa tanah air ku. Dan tentu saja sebelumnya dah pamitan kepada kedua orang tua kami. Selama perjalanan berlangsung (kira2 8 jam) kami hanya minum aqua dan biscuit karena kami pikir uang saku akan kami gunakan untuk mencari pekerjaan disana. Setelah sampai di terminal Kemayoran ternyata masih pukul 02.45 dini hari. Tapi keadaan di luar terminal ternyata dah rame dg supir bajaj dan ojek. Setelah kami turun dari bus, kami langsung naek bajaj dan bilang ke supir bajaj “Pademangan IV Gg.15 mas “ dan dia pun mengangguk tanda mengerti dan segera mempersilahkan kami masuk. Q sempet heran dg bentuk bajaj yg sedikit aneh,, pa lagi mendengar suaranya yg membuat telinga bising. “NGEEEEENNNGGGGGGG2222!!!!!!!!!!!!” begitu kira2 bunyinya. Karena selama ini q hanya tau bajaj dari nonton filmnya “Bajaj Bajuri” ternyata hari ini q mengalaminya sendiri. Ada perasaan seneng campur aneh dlm hatiku,, seneng karena dah nyampe Jakarta dan akan ketemu K2 q,, Aneh dengan keadaan kota Jakarta yg sangat ironis dg yg ada di TV. Ternyata Jakarta bau n sumpek,, padahal di TV Indah dan kereenn. Kurang lebih 25 menit kemudian kami nyampe di Pademangan IV Gg.15. Kemudian sopir bajaj pun bilang “dah nyampe mas” dan kami pun menyahut berapa mas ? dya menjawab 15rb mas,, dan kamipun mengeluarkan uang untuk membayarnya. Dan setelah kami turun. Kami lihat pada papan di depan pintu gerbang tertulis Gg.15 dan q rasa qt berdua dah sampai di tempat tujuan ,,, sedikit terkejut ternyata komplek tersebut msh di kunci karena waktu itu masih jam 03.00 dini hari. Sambil menunggu hari berganti pagi. Kami pun memutuskan untuk nyari tempat untuk duduk dan ternyata di tepi jalan ada sebuah kursi sofa tua yg sudah di buang pemiliknya. Dengan bergegas kami pun langsung tiduran di atas sofa itu. Baru mau memejamkan mata mencoba untuk istirahat sejenak. Tiba2 kamipun terusik dg suara nyamuk yg begitu bising,, dan bau selokan yg sangat menyengat. Huuuh,,, tenyata Jakarta begini banget “Enakan malah di kampung” Gumamku dalam hati. Tapi nggak apa2 lah namanya juga cari pengalaman “gumamku lagi. Dan akhirnya kamipun memaksakan diri untuk tidur. Walaupun nyamuk yg banyak menggigit dan bau semerbak air selokan yg sangat menyengat. Dan akhirnya kamipun tertidur dg sedikit lelap. Saat hari menjelang subuh kamipun terbangun. Kulihat ada seorang ibu yg keluar dg membawa keranjang warna merah. Oh mungkin dia mau pergi ke pasar. “pikirku. Pagipun semakin cerah,, kira2 saat jam 6. pagi. Gerbangpun mulai dibuka. Yaa,, gerbang warna merah dan putih,, dg bahan dari besi dan motif ½ lingkaran. Kucoba melangkahkan kaki untuk memasuki gang tersebut. Selama kami berjalan menyusuri gang kamipun sempat berpikir untuk langsung menanyakan alamat yg kami cari. Tapi niat itu q urungkan berharap bisa ketemu langsung dg kakak q. Ternyata setelah gang itu hampir selesai kami susuri. Akhirnya kamipun terpaksa menanyakan kepada seorang ibu,, karena takut kesasar. Sambil menghampiri dan memberikan senyum tanda sapaan kemudian q berkata : “Permisi bu, mau nanya tau kontrakannya mas Iwan gak Bu ? kemudian dg wajah agak kebingungan dia pun menjawab :”mas Iwan sapa ya,,? Dan akupun langsung menimpali :”Mas Iwan temennya mas Slamet bu”. dg ekspresi wajah tersenyum dia bilang :”ooo Slamet to ? nie rumahnya,,, sambil membawa kami ke arah gang kecil di sebelah rumahnya. Dan akhirnya kamipun sampai didepan pintu sebuah kamar kontrakan,, dg cepat kamipun langsung mengetuk pintu. “Assalamu’alaikum” kata q,, kemudian dr dlm rumah menyahut “Wa’alaikumsalam.” Dan bersamaan pintu dibuka… Dengan eksperi wajah ½ ga percaya,, K2 q berkata :”Kamu nyusul kesini to” dg serempak kamipun menganggukan kepala dan menjawab :”Iya orang dirumah ga ada kerjaan” jadi nyusul kesini,, pgn cari kerjaan.

Akhirnya kamipun istirahat untuk melepaskan lelah di kamar kontrakan mas slamet hingga akhirnya tertidur. Kemudian kira2 jam 10.00 pagi. K2 q membangunkan q untuk segera mandi dan sarapan. Setelah selesai sarapan kamipun pamitan ke mas Slamet untuk ikut K2 q pergi ke tempat kontrakannya. Kami berjalan kaki karena jaraknya yg cukup dekat kira2 200m. Kemudian kami naik tangga kontrakan yg terbuat dari kayu karena kamar K2 q yg terletak di atas. Kemudian kamipun masuk ke sebuah Kamar dg ukuran 2m x 3 m dg dinding yg terbuat dr papan dan triplek. Maklum namanya juga kontrakan,, kelas bawah,, hahahah,,, itu z dah beruntung drpd tidur di jalanan,,, (kyk gelandangan z,, hahahaha).

Seharian q gunakan untuk istirahat total. Karena kami berdua berencana esok hari untuk mencari pekerjaan. Karena kami yg hanya bermodal “Nekad “ kamipun berinisiatif untuk mencari pekerjaan sendiri. Sebagai langkah awal kamipun membeli Koran harian Jakarta, kami membeli 3 koran untuk mencari “Lowongan pekerjaan”. Halaman lowongan pekerjaan jadi fokus bacaan kami, tak lupa klo ada lowongan penting dg segera kami catat alamat dan tgl penerimaannya. Dengan penuh harap, kami menemukan beberapa lowongan pekerjaan yg cukup menarik. Diantaranya ada : Sales, Admin, Operator, dll. Yg sesuai dg keahlian kami. Hari berikutnya kami langsung hendak pergi ke tempat lowongan kerja itu ada. Karena kami yg gak tahu sama sekali daerah Jakarta kemudian menanyakan kepada K2 q. “Mas kalau ke Cimone dari sini naek apa y ?” tanyaku. “Waah klo q kurang begitu paham tapi, klo dari sini naek aza mikrolet jurusan Senen. Trus disana ada tuh tapi q lupa nomor mobilnya. ntar km tanya z” ? jawabnya. Kemudian kami langsung naek Mikrolet dari depan kontrakan kami,,, yg kebetulan di pinggir jalan raya,, menuju ke Terminal Senen. Setelah sampai di terminal senen. Kami turun dan membeli aqua dan di situ kami sekalian bertanya kepada pedagang “Pak klo arah ke Cimone naek apa y ?” tanyaku. “Naek bus itu z mas,” sambil menujuk kearah salah satu bus. “Makasih pak” jawabku. “Cimone,, cimone “ teriak konduktor bus,, dg bergegas kami segera masuk ke dalam bus. Setelah perjalanan kurang lebih dua jam. Akhirnya sampai di tempat tujuan. Yaitu di Terminal Cimone, dari terminal kami harus bertanya kembali untuk mencari alamat yg kami tuju. Dan akhirnya kamipun sampai di alamat yg kami cari. Didepan kantor tersebut ada seorang sekuriti yang sedang berdiri tempat di pintu. Kemudian kami berdua menghampiri Sekuriti tsb dan menanyakan alamat yg kami cari. Dia menganggukan kepala tanda bahwa kantor tsb lah alamat yg kami cari. Dan kami berdua langsung masuk ke dalam kantor tsb, kemudian duduk di ruang tunggu. Ternyata di ruang tunggu itu ada banyak sekali orang2 yg hendak melamar kerja sama dg kami. Di lihat dari penampilan mereka dan tentunya Amplop besar warna coklat yg mereka bawa. Setelah menunggu cukup lama akhirnya kamipun di persilahkan masuk menyerahkan lamaran kerja yg kami bawa. Dan ternyata kami cukup kaget karena kantor tersebut bukanlah perusahaan atau tempat kerja yang membutuhkan karyawan. Tempat itu hanyalah sebuah perusahaan penyalur tenaga kerja atau biro Jasa dan kamipun di minta untuk membayar sejumlah uang agar bisa di tempatkan di sebuah perusahaan. Dengan rasa kecewa kami tidak mau membayarnya dan meminta kembali lamaran kami yang sudah kami serahkan. Dan langsung berniat untuk pulang ke rumah. Dengan perasaan kesal. Kami berdua berniat pulang ke rumah. Tapi pada saat kami berjalan menuju terminal kami melewati sebuah kawasan industri. Tampak di sana banyak sekali pabrik-pabrik. Dan kami berdua sepakat “Bagaimana kalau kita sambil jalan trus cari2 lowongan kerja siapa tau ada “. Cetus kami berdua. Dan akhirnya di sepanjang jalan kawasan industri tersebut memang banyak sekali pabrik-pabrik. Tanpa ragu2 kami pun langsung masuk ke dalam pabrik tersebut untuk menanyakan langsung kepada sekuriti. “Permisi pak apa ada lowongan kerja ?” tanyaku. Kemudian sekuriti itu menjawab : “Ga ada mas, cari tempat lain z”. “Ya sudah makasih ya pak” Sahut kami hampir bersamaan. Sambil berlalu dari tempat itu kamipun menuju ke pabrik-pabrik yg lain di daerah tsb. Tapi hampir semua pabrik tersebut memberikan jawaban yang sama. Mungkin karena mereka belum membutuhkan karyawan lagi. Dg tenaga yg sudah mulai lelah dan rasa penat yg menyerang kami berdua memutuskan untuk pulang. Dan setelah sampai rumah kami pun langsung istirahat dan tertidur karena hari itu benar2 hari yg melelahkan buat kami berdua. Dan hampir selama seminggu kamipun mencari pekerjaan dg cara seperti itu. Mencari lowongan kerja di Koran dan mendatanginya. Tapi tak satupun yg membuahkan hasil. Akhirnya kami mulai putus asa dan sempat mau menyerah. Dan berniat untuk pulkam saja. Tapi niat itu kami buang jauh2 karena masih berniat untuk mencari pekerjaan di Jakarta. Berharap suatu saat mendapatkan pekerjaan di sini.

To Be Continued…

8 Okt 2010

“Puisi untukmu”

Masa lalu q,,
Q ga pengen jadi duri dalam hidupmu,,,
Tapi q ingin seperti pelangi yg memberi warna hidupmu,,
Percayalah,, q ga berharap kau kembali padaku,,
Tapi q berdoa smoga kau bahagia bersamanya,,
M’v kan q ,,,
Mungkin q tak sesempurna yg kau impikan,,
Mungkin q tak seromantis yg kau rasakan,,
Mungkin q tak penuh perhatian yang engkau inginkan,,
Mungkin q tak sepintar yg kau pikirkan,,
Tapi q yakin semua yg kulakukan kujalani dg ketulusan,,,
Ketulusan yg mungkin pernah kau rasakan,,
Ketulusan yg mungkin memberi kedamaian,,
Ketulusan yg mungkin berbuah kebahagiaan,,
Ingatlah,,
Q bukanlah api yg ingin membakarmu,,,
Tapi q igin menjadi air yg slalu memberikan kesejukan dalam hidupmu,,,
Kehidupan untuk memulai dunia baru,,,
Untukmu,,

Damai itu indah kawan,,,


Perdamaian lebih indah dari apapun,,,
Kebahagian adalah bagian dari perdamaian,,
Lalu kenapa ada peperangan ?
Peperangan untuk perdamaian,,
“Bullshit” !!!
Peperangan slalu menimbulkan penderitaan,,
Apakah itu yg disebut perdamaian,,,
Perdamaian diatas kematian orang lain,,

Apakah kau tega melihat orang2 yg kamu sayangi tersakiti,, apalagi menderita,, ? jawabmu pasti “tidak”
Tapi kenapa kau tega menyakiti orang lain,, ? apa karena bukan mereka,,,
Mereka orang2 yg kamu sayangi,,,
Lantas apakah tak pernah terpikir,,, jika kamu yg tersakiti,,,
Apa kamu mau,, ? jawabmu pasti “tidak”…
Itulah manusia,,, karena egonya,, dia mau mengorbankan orang lain,,, untuk kesenangannya,,,

Alangkah idahnya dunia ini,,
Jikalau hanya ada Perdamaian,,,
Tanpa permusuhan,,
Jika ada senyum tanpa kemarahan,,,
Jika ada kasih sayang tanpa kebencian,,,
Jika ada cinta penuh kerinduan,,

Satu senyum “perdamain”,,
Berharap menyebar ke penjuru alam,,,


5 Okt 2010

“Jeritan Keadilan”

Keadilan,,
Masihkah ada ?!,, keadilan itu,,
Dimana,, ?
Dimana q bisa menemukannya ?,,,
Jawab!!!! Tolong beritahu q,,,
Aku sangat membutuhkanmu,,,
Dimana ??
Apakah di Pengadilan2 Tinggi,,,
Apakah di jamuan makan para Konglomerat,,
Apakah di tangan seorang Presiden,,,

Ya,,
Yang q tahu keadilan ada pada mereka yg berkuasa,,
Yang q tahu keadilan ada pada mereka yg banyak harta,,
Yang q tahu keadilan ada pada tikus2 negara,,,

Karena,,
Keadilan hanya sebagai lambang,,
Karena keberadaanya tak pernah ditemukan,,,
Keadilan hanya sebagai wacana,,,
Karena ketiadaanmu selalu menimbulkan bencana,,,

Pernah kah kau dengar ??!!,,,
Karena alasan "kemanusiaan" seorang “Koruptor” dibebaskan dari hukuman.
Dan masih kah kau ingat ??!!
Karena hilang rasa "kemanusian" seorang “Janda pahlawan” di sidangkan,,,
Seringkah kau melihat??!!
Karena hilangnya keadilan “Ribuan TKI” di hinakan,,,, !!!!! bahkan di binasakan !!!!!!!! tanpa rasa “kemanusiaan”.

Yaaaaaaa,,,,,,,,,,,,,,,
Aku muaaakkkkkkkk dengan mu,,,,,,,,,
Muaaakkkkkkkkkkkkkkkkk,,,,,,,,,,,,
Karena saat manusia2 lemah membutuhkanmu,,,
Kau,, slalu menghilang,,
Tanpa belas kasihan,,

Pernahkah kau dengar jeritan2 mereka,,
Pernahkah kau rasakan penderitaan2 mereka,,
Penderitaan orang2 yg tanpa rasa keadilan mereka di penjarakan,,,
Kaulah penyebab itu semua,,,

Keadilan,,,
Keadilan yg tak pernah bisa ditegakkan,,,
Keadilan yg bisa dibeli dg uang,,,
Keadilan yg sungguh menjijikan,,,
Keadilan yg tak pernah “ADIL”,,,

Q sangat sedih melihatmu,,,
Q sangat benci kepadamu,,,
Tapi,,
Q sangat ingin menolongmu,,,
Karena q tahu kau tak seperti itu,,,

Hanya karena ulah manusia2 biadab,,,
Tingkah lakumu menjadi “bejat”
Karena seorang durjana,,
Itulah nilai2mu hina,,
Karena ulah manusia2 serakah,,,
Kau slalu kalah,,,

Tapi ku yakin kejujuran hati tak akan pernah “menipu”,,,
Kau hanya menang paruh waktu,,,
Keadilan Tuhan lah penentumu,,,
Hingga ajal menjemputmu,,
Dan tiada lagi manusia2 yg “tertipu”

Nb: Jeritan nie q suarakan,, karena kesedihanku padamu,, wahai “Keadilan”

4 Okt 2010

KESOMBONGAN,,, !!!


SOMBOOOONNNNGGGGGGG,,!!!!!! (Suara itu menggelegaaarr,, Laksana petiirrr,,, )
Egomu,,
Amarahmu,,,
Kebencianmu,,,
Semua tentangmu,,,,
Bencciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,,,,,, (Berteriak2 dg lantang)
Hateeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee,,, Uuuuuuuuuuuuuuu,,,,,,,,
Ingin rasanya kucabik2,, tubuhmu,,,,
Hingga musnah keberadaanmu,,,


Karena Kau,,,,,
Kaulah pembawa bencana,,,
Kaulah penebar petaka,,
Kaulah Penyebab Nestapa,,


Kau,, kau,,
Lagi,, lagi Kau,,,
Aku muak dg kehadiranmu,,,
Aku benci dg tabiatmu,,
Lihatlah Ulahmu,,
Lihatlah disana,,, “dimana org2,, bercengkrama penuh kedamaian”,,,
Tapi Kau menghancurkannya,,
Kau merenggutnya,,,
Kau mengubahnya dg “Peperangan”
Tanpa belas Kasihan,,,
Apakah Kau?,, memang tercipta,,, Tanpa belas kasihan,,
Ataukah Kau penguji Keimanan ?


Siapakah engkau sebenarnya,,,
Bukankah kau yg meracuni tiap hati manusia,,,
Ataukah engkau “Iblis yg bersemayam dlm dada”
Ataukah Kau “takdir yg tak semestinya ”


Kau.,,,
Entah mengapa ?
Tiap kali,, ku rasakan hadirmu,,
Kau slalu membuatku “Murka”
Tapi q tak ingin sepertimu,,,
Apalagi menjadi Pengikutmu,,,
Karena Kaulah musuh q,,,
Musuh yg tak kan pernah damai,,,
Sampai akhir hayatku,,


Kapankah Kau sadar ??
Pernah kau tahu ?!,,,
Kaulah penyebab Gugurnya Pahala,,,
Kaulah Perusak Kedamaian,,
Kaulah penghianat Keyakinan,,,
Kaulah Kawan yg menjerumuskan,,,
Dan Kau,,, “Kesombongan”
Keberadaanmu tak akan pernah kekal,,,
Dalam alam keabadiaan,,,
Kumohonkan padaMu Ya,, Rabb,,,
Hancurkanlah “Kesombonganku”,,,
Agar tercipta kedamaian hatiku,,


Greets


Setyo

2 Okt 2010

Lukisan Malam...

Malam,,, bertabur Bintang,,,
Cahaya Bulan,,, yg begitu menyejukan,,
Keagungan,,, yg tersimpan,,,
Kedamaian,,, yg terpancar,,,
Hingga ke relung hati,,,


Pernahkah kau nikmati,, ??
Hidangan malam,,,
Yang begitu mempesona,,
Lukisan Tuhan nan Indah,,,
Karya Maha Sempurna,,,
Yg gratis punya,,,
Itulah bukti,, KesempurnaaNya,,,
Di dunia,,,


Beda dengan karya manusia,,,
Kita harus antri untuk melihatnya,,
Kita harus bayar untuk menontonnya,,
Padahal hanya sebuah karya yg tak luput dari cela,,,
Tapi terlalu diagungkan,,, dan di sombongkan,,,
Seolah kesempurnaan miliknya,,
Manusia lupa,, bahwa ada yg menciptakannya,,,
Manusia lupa,, akan anugerahNya,,
Smoga Tuhan senantiasa membukakan pintu hatinya,,

Especially 4 U (Sept 30th ’10)

To : E… (sOMEone Was Loved)


Assalamu’alaikum wr.wb

Hari ini hari yg sngt berarti dlm hidupmu,
Dan q tahu, dulu, dulu, sekali, q slalu menantikan hari ini.
Sampai2 akupun harus rela begadang, buat sekedar menunggu hari berganti.
Hari dmna q bs mengucapkan sebaris kata “Happy Birth Day 2 U” n make a wish, tentunya.
Kamu pun slalu tersenyum hari ini, karena ini memang hari special untukmu.
Dimana Keluarga, saudara, tmn2, dan orang2 yg mencintaimu pasti akan membuat “surprise” untukmu,,,
Yaa,, q jg msh inget,,, ketika kado itu q kasih untukmu,,, meski hanya sebuah kado kecil yg mungkin kurang memberikan arti untukmu. Sebuah Kado yg berisi “Lukisan fotomu dr sebuah pensil dg bingkai yg sederhana dan beberapa helai kertas yg berisi ungkapan rasa hati dg tinta mejikuhibiniu,,”

Pernahkah kau tau? bagaimana q membuatnya. Awalnya q bingung mw kasih kado apa bwt km ? Tapi dlm benak q,, pengen banget kasih kado yg aneh dan ga gampang dapetinnya,,, So,, q pun teringat dl km pernah berkata : “mas q pgn di lukis” ya,, kata2 itu yg akhirnya menginspirasi q,, walaupun dl memang q sendiri yg pernah menawarkan untuk melukismu,,,dan akhirnya 3 hari sebelum hari ulang tahunmu tiba q pun memutuskan untuk mulai melukis. Ya lukisan itu q ambil dari fotomu ukuran dompet yg pernah kamu berikan untukku,, Kamu yg sedang tersenyum dg rambut sebahu sembari tersenyum dg balutan baju warna merah. Sederhana but tampak anggun,, Kucoba melukis fotomu dengan menghadirkan ketulusan hatiku mencintaimu. Berharap lukisan itu selesai dg hasil yg terbaik. Yah lukisan itupun akhirnya slse kurang lebih 3 jam. Kira2 selesai jam 2 mlm,, karna q mulai melukis jam 11 mlm,, Kupilih waktu malam karena ketenangan malam yg bisa membuatku merasa nyaman. So memudahkan q untuk lebih focus melukis. Kucoba pajangkan lukisan itu di dinding kemudian kulihat dari arah depan, kanan dan kiri, bergumam dlm hatiku “Bagus kok lukisannya” seolah2 memuji diri sendiri. Kemudian keesokon harinya Q pergi untuk membeli Spidol mejikuhibiniu alias spidol dg bermacam2 warna. Kurangkai kata-kata roman… yg mungkin bisa melukisan rasa cinta q padamu, Dan tak lupa kubingkis kado untukmu dg rasa sayang,, biar semua terasa sempurna,, berharap kaupun akan mengerti pesan yg tersimpan dlm setiap bait kata. Kadang q juga bingung ?? knp y kebanyakan ce’ tu suka kata2 roman…lah,, mereka bilang co’ tuh harus romantislah untuk membuktikan rasa sayang or cintanya. Padahal menurutku, kdg lebih ke arah Gombal.. Bukannya org tu dinilai dari sikap, perhatian n ketulusan y ? bkn hanya sekedar kata2.. atau dari pada sikap yg tidak didasari dg ketulusan. Aah.. mungkin itu adalah suatu kodrat bagi seorang ce’ yg lebih bisa memahami pria dg kata2 dan perasaannya… Apalagi kata2 roman,, yg keluar dr bibir co’nya. Langsung dah perasaannya terbang melayang entah kmn?. Tanpa berpikir panjang apakah co’ yg dia puja nie sunguh2 berbicara dari hatinya or sekedar dari bibirnya. So kadang banyak ce’ yg menjadi korban karenanya. Ya Korban dari ucapan manis sebuah janji2,, yang akhirnya membawa penyesalan. Penyesalan yg pasti datang dg keterlambatan. Memang kadang cinta itu butuh pengorbanan. Tapi ga smua orang mw berkorban dg tulus untuk org2 yg di cintanya,,

Dan hari ini,,,
Kuingat sekali nie hari “Ulang Tahun mu” ,,,, yang ke 23..
Tapi hari ini,, saat suasana dah berbeda,,,
Km yang akan mempunyai kehidupan baru,,,
Ya kehidupan baru, bersama dg dia.. Orang yg bnr2 kamu cintai dan pantas untuk kamu cintai.
Q cukup senang walaupun kadang terselip rasa tak ingin merelakanmu,,
Tapi itu cma egoku saja,, Tapi jauhh,, jauh,, di lubuk hatiku,,, hatiku penuh kebahagiaan karena melihatmu,,, bahagia bersama dia,,, Dan q sangat beharap kebahagianmu akan berbuah kedamaian dlm keluarga yg sakinah,, mawadah wa rahmah.
Cinta tak harus memiliki kawan, memang ungkapan itu benar adanya,, q sendiri yg mengalaminya,,, Karena menurut q rasa cinta itu ga perlu di paksakan,, dia akan tumbuh dg sendirinya,, jika kau merawatnya dg sepenuh hati,, dan jika di kemudian hari ternyata cinta itu ga jadi milikmu,, maka pasti Tuhan telah merencanakan “cinta lain yg lebih baik untukmu” I’m believe it’s.

Hingga sampai hari ini,, kurang lebih 1th berlalu,, meskipun kami ga bersama,, but qt te2p msh berteman,, bahkan jadi saudara. Karena q harap tak sepantasnya seorang manusia menanam sebuah kebencian,,, hanya karena putus “cinta” yang notabene dia sendiri belum tau apakah “cinta” yg dia perjuangkan itu benar2 cinta yg Tuhan karuniakan untuknya,,, Alias cinta yg sudah menjadi takdirnya. So qt sebagai manusia hendaknya,,, Berikhtiar dan bertawakal untuk mencari cinta qt,, karena smuanya, Tuhan lah yg menentukan. Kita hanya bisa menerima anugerahNya. So jgn sampai kita di butakan oleh yg namanya “cinta “ Karena kita di ciptakan sebagai mahluk yg paling sempurna,, dg dibekali akal dan dan pikiran serta hati, Sehingga bisa memilih mana yg baek n mana yg buruk,, mana yg hak dan mana yg batil. So jgn ada lagi,,, “Nangis2 bombay,,,karena putus cinta dari pacarnya (lebay,, ) trus jgn lagi ada mogok2 makan karenanya,, (syukuriiin… ) Or yg lebih tragis lagi,,, Ada yg sampe mau “bunuh diri” karena cinta (Cappeee deeehhhh,,, Naudzubillah,,) orang ga usah bunuh diri juga bakal mati sendiri kok.. (gitu z kok repoot) n’ klo memang dia dah bosan hidup,, mending jadi relawan z ke palestina,, di sana “pengorbanannya ga bakal sia2,,, alias mati syahid “ tentunya asalkan disertai dg keihlasan. Dan Insya Allah akan masuk surga,, Amin,,,

Satu pesan dariku :

“Jagalah dirinya seperti kamu menjaga dirimu sendiri, Agar tak pernah sedikitpun terbesit keinginan tuk saling menyakiti, walaupun rintangan terasa sangat berat tuk di hadapi,, tapi keyakinan akan cinta Illahi pasti akan bisa melewati”. Semoga kalian bahagia karena akupun akan lebih bahagia melihat kalian bahagia.

Wassalamu’alaikum

By : Setyo (Was Love)

Tanggalan